Berbicara mengenai sukanto tanoto pastinya untuk kita sudah tidak asing lagi, seperti yang kita ketahui bahwa Sukanto Tanoto merupakan Pendiri dan Chairman RGE International, yang merupakan sebagai sebuah grup dari perusahaan manufaktur yang berbasis sumber daya alam yang memiliki kantor ada di Singapura, Hong Kong, Jakarta, Beijing dan Nanjing dan juga lebih dari 40 tahun lalu, sukanto ini memulai usaha. yang pertamanya yaitu sebagai pemasok suku cadang untuk industri minyak dan konstruksi. Setelah kemudian mencapai sukses, sukanto kemudian beralih ke industri sumber daya alam yang lainnya yaitu kelapa sawit, kehutanan, pulp dan kertas, serta pembangkit tenaga listrik.

 

Sekarang RGE ini merupakan grup global dengan memiliki total aset yang lebih dari 15 miliar dolar Amerika dan yang lebih menarik lagi memperkerjakan 50 ribu orang, beroperasi di Indonesia, China dan Brazil, dan juga mempunyai kantor untuk penjualan yang ada di mancanegara. Bisnisnya yaitu terdiri dari pulp dan kertas (APRIL – Asia Pacific Resource International Holding Ltd dan Asia Symbol), kelapa sawit (Asian Agri dan Apical), rayon dan pulp khusus (Sateri International) dan energi (Pacific Oil & Gas). Sepertinya Seluk Beluk Dari Bisnis Rge (Royal Golden Eagle) memang mengagumkan prosesnya.

 

Kemudian pada tahun 1981, beliau beserta keluarganya memulai untuk mendirikan Tanoto Foundation yang memiliki tujuan untuk mengurangi kemiskinan dan memajukan yang ada di masyarakat. Bekerja di dalam berbagai bidang termasuk yaitu dalam bidang pendidikan, kesehatan dan bantuan untuk bencana, Tanoto Foundation juga menyediakan beasiswa kepada para siswa dan guru, membangun sekolah, kemudian juga membagikan peralatan sekolah dan buku untuk pelajaran. Tanoto Foundation kini juga menyediakan layanan kesehatan yang ada di daerah pedesaan dan juga dengan bantuan cepat tanggap saat terjadi gempa bumi dan bencana alam lainnya.

 

Sukanto Tanoto sebagai salah satu anggota dari Dewan Internasional INSEAD, yaitu sebagai Dewan Pengawas Wharton, Dewan Eksekutif Wharton untuk Asia, serta juga berbagai lembaga pendidikan, kemasyarakatan dan di bidang industri yang lainnya. Beliau merupakan penerima Wharton School Dean’s Medal Award yang dimana itu merupakan penghargaan untuk orang-orang yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan hidup yang ada di dunia. Untuk penerima penghargaan ini termasuk yaitu kepala negara, pemenang hadiah Nobel, maupun pemimpin dan CEO berbagai perusahaan.

 

Nah kemudian untuk visi misinya yaitu:

 

Visi

Menjadi pusat unggulan dalam penanggulangan kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup.

 

Misi

Tanoto Foundation bekerja bersama masyarakat dan mitra untuk mencari solusi terhadap akar permasalahan kemiskinan dengan cara:

- Mengembangkan dan menerapkan program-program inovatif

- Membangun kapasitas dan memberdayakan penerima manfaat

- Bekerja bersama mitra dan mendukung program-program yang dilaksanakan mitra

- Mendokumentasikan dan membagikan praktek-praktek terbaik kepada masyarakat

Nah itulah informasi mengenai sukanto tanoto semoga bermanfaat untuk Anda yang penasaran dengan sosok tersebut.